WB No. 2 (2017)

147

ARTIKEL UTAMA: AROMA TOLERANSI DALAM SUMPAH ABRAHAM DEMI EL ELYON (R.F. Bhanu Viktorahadi Pr)

Dalam sumpahnya Abraham berkata, “Aku bersumpah demi TUHAN, Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi” (Kej. 14:22b). Dengan menyebut TUHAN (YHWH) El Elyon di tempat lain di luar Yerusalem, Abraham mau menegaskan bahwa sebenarnya YHWH adalah Allah Israel secara keseluruhan.

ARTIKEL UTAMA: PLURALISME, TOLERANSI DALAM PERJANJIAN BARU? (Indra Tanureja Pr)

Usaha menelusuri gagasan pluralisme dan toleransi dalam Perjanjian Baru perlu dilengkapi dengan refleksi sistematis yang lebih komprehensif dan jujur yang mengikutsertakan juga dimensi-dimensi hidup yang lain. Sebab, beberapa teks Perjanjian Baru menunjukkan bahwa pada masa awalnya, di satu pihak, kekristenan memang mengalami sikap intoleransi, tetapi di lain pihak, kekristenan juga menunjukkan sikap intoleransi kepada dunia luar.

ARTIKEL UTAMA: ALLAH INFINITUM, ALLAH BAGI KITA, DAN PLURALITAS AGAMA (Andreas B. Atawolo OFM)

Jika Allah itu infinitum, maka tidak satu pun agama dapat mengklaim bahwa dirinya, dan hanya dirinya, menyembah satu-satunya Allah yang tak terhingga itu. Pusat orientasi dialog antara agama ialah Allah yang Satu, bukan keberagaman cara manusia mempresentasikan Allah (agama-agama).

KERASULAN KITAB SUCI: TEOLOGI “COMPLETORIUM” (Fransiskus Borgias M.)

Salah satu untaian doa dalam lingkaran sehari menurut tradisi Gereja Katolik, khususnya tradisi monastik, ialah Completorium. Tulisan ini menyoroti dua bagian dalam Completorium. Pertama, pemeriksaan batin. Kedua, lagu singkat.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: EMPAT ORANG RAJA HERODES (Y.M. Seto Marsunu)

Dalam Perjanjian Baru dijumpai empat orang yang bernama Herodes dan keempatnya adalah raja. Siapa saja mereka, dan bagaimana situasi pemerintahan raja-raja tersebut?

APA KATA KITAB SUCI TENTANG … PENGHARAPAN (Dominikus Dulione Hodo Pr)

Surat Ibrani (Ibr. 3:1-6) yang menyatakan bahwa Yesus lebih tinggi dari Musa dengan sangat gamblang menegaskan pengharapan sebagai sesuatu yang kita megahkan (ay. 6b). Ada apa dengan pengharapan sehingga menjadi sesuatu yang dimegahkan atau dibanggakan?

TERJEMAHAN KITAB SUCI: TATKALA TEKS SUCI MEMBUAT RISIH (Hortensius F. Mandaru)

Kitab Suci memiliki sejumlah ayat yang dapat membuat rishi para pembaca. Ada kata/kalimat yang kurang sopan, misalnya yang berkaitan dengan seks, kematian, kelahiran, dan fungsi-fungsi tubuh tertentu. Bagaimana kita menyikap kasus-kasus seperti itu?

 

 

 

 

 

SOURCEWacana Biblika
SHARE