WB No. 3 (2017)

245

ARTIKEL UTAMA: DI TEPI SUNGAI KEBAR: PENGLIHATAN, PANGGILAN, DAN PERTOBATAN NABI YEHEZKIEL (Jarot Hadianto)

Setiap penglihatan mempunyai maksud dan tujuan tertentu, terutama sebagai tanggapan ilahi atas krisis yang sedang dialami umat pada suatu masa. Penglihatan Yehezkiel mengandung pesan bagi kaum buangan agar mereka bertobat dan tetap berpengharapan kepada Allah.

ARTIKEL UTAMA: PENGLIHATAN YOHANES DALAM WHY 4 5: ANTARA REKAYASA SASTRA DAN PENGALAMAN NYATA (Valens Agino CMF)

Kisah penglihatan Yohanes berpusat kepada penyembahan surgawi seluruh ciptaan, kepada Dia yang duduk di atas takhta, dan kepada Anak Domba yang berdiri di tengah-tengahnya. Seluruh skenario penglihatan Why. 4 – 5, baik para pelaku, sikap dan gerakan tubuh, maupun syair kidung pujian berkisar sekitar kultus liturgis yang terfokus pada penyembahan dua pribadi ilahi secara bersamaan.

ARTIKEL UTAMA: PANGGILAN KEMURIDAN DALAM PERGUMULAN DUNIA: PESAN SABDA BAHAGIA YESUS (Martin Chen Pr)

Warta sabda bahagia dalam khotbah di bukit kiranya dapat menjadi sumber inspirasi yang penting bagi kita dalam menemukan kembali jati diri Gereja yang sejati dan perutusannya di tengah dunia dewasa ini. Sabda bahagia merupakan khotbah Yesus yang sungguh bertolak dari situasi konkret para murid yang penuh dengan tantangan dan penderitaan.

KERASULAN KITAB SUCI: TEGAR TENGKUK (Fransiskus Borgias M.)

Ungkapan “tegar tengkuk” sering kita dengar saat mengikuti perayaan Ekaristi atau membaca Kitab Suci. Apa makna ungkapan ini sebenarnya?

PERIKOP-PERIKOP SULIT: SUSAHNYA MASUK KERAJAAN ALLAH (Y.M. Seto Marsunu)

Yesus berkata kepada seorang kaya, “Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah. Sebab lebih mudah seekor unta masuk melalui lubang jarum daripada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah” (Luk. 18:24-25). Bagaimana kita harus memahami ucapan ini?

APA KATA KITAB SUCI TENTANG … RAGI (Alfons Jehadut)

Apa makna simbolis “ragi” dalam tradisi Yahudi, dalam peringatan Yesus kepada para murid-Nya, dalam perumpamaan tentang Kerajaan Surga, dan dalam tradisi kristiani?