WB No. 1 (2018)

214

ARTIKEL UTAMA: MENATAP ALLAH DI TAKHTA KEMULIAAN-NYA, HASRAT UTAMA TRADISI MISTIK-PENGLIHATAN MERKABAH (Valens Agino CMF)

Memperkenalkan: Merkabah. Bersama-sama kita akan mendalami tradisi mistik ini, yakni cikal bakal dan evolusi yang dialaminya mulai dari religiositas Yahudi periode Kenisah Kedua sampai pada zaman Yesus dan para murid-Nya. Penglihatan Nabi Yesaya (Yes. 6) dan khususnya Nabi Yehezkiel (Yeh. 1) menjadi titik acuannya.

ARTIKEL UTAMA: TUHAN AJARLAH KAMI BERDOA, BAGAIMANA YESUS BERDOA DALAM KISAH INJIL LUKAS (Mariana Berliana Ali)

Mengapa Injil Lukas dipilih untuk melihat bagaimana Yesus berdoa? Sederhana saja, karena Injil ini lebih sering menghadirkan Yesus yang sedang berdoa. Injil Lukas juga memiliki doa khas seperti Kidung Maria, Kidung Zakharia, Kemuliaan, Kidung Simeon, dan juga pengajaran Yesus tentang doa.

ARTIKEL UTAMA: PARA RASUL ATAU MURID YESUS BERDOA SESUDAH KEBANGKITAN YESUS (Alfons Betan SVD)

Cara seseorang mengungkapkan imannya dalam doa kepada Tuhan bisa bermacam bentuknya, misalnya dengan bernyanyi sambil memainkan alat musik tertentu atau dengan membaca doa dalam bentuk puisi. Bagaimana para rasul berdoa sesudah kebangkitan Yesus?

KERASULAN KITAB SUCI: BERKAT IMAM UNTUK UMAT DALAM PERJANJIAN LAMA (Petrus Cristologus Dhogo SVD)

Gereja Katolik mempraktikkan pemberian berkat dari seorang imam kepada umat Tuhan. Fenomena ini terjadi pula dalam dunia Perjanjian Lama. Meskipun tidak banyak tertulis dalam Kitab Suci, namun praktik berkat imam bagi umat juga dipraktikkan dalam sejarah Israel.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: MENIPU ALLAH DENGAN TIDAK MEMBAYAR PERSEPULUHAN 2 (Jarot Hadianto)

Berbekal sebuah perikop dalam kitab Maleakhi (Mal. 3:6-12), sejumlah pihak mewajiban umat untuk membayar persepuluhan kepada Gereja. Menurut mereka, membayar persepuluhan akan mendatangan berkat, dan melalaikannya akan mendatangkan bencana.

APA KATA KITAB SUCI TENTANG … HARTA MILIK DALAM INJIL LUKAS DAN KISAH PARA RASUL 2 (Alfons Jehadut)

Ketika murid-murid pertama dipanggil Yesus, mereka menanggapi panggilan itu dengan meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Yesus. Otoritas dan daya tarik Yesus membuat mereka meninggalkan pekerjaan dan mengikuti-Nya untuk menjadi penjala manusia.

TERJEMAHAN KITAB SUCI: ALKITAB KOQ BERUBAH (Hortensius F. Mandaru)

Orang Kristen sering kelabakan mendengar tudingan bahwa teks Kitab Suci kita tidak seragam, ada banyak versinya, dan ada terjemahan yang berbeda-beda. Meskipun tudingan-tudingan itu mengagetkan, baiklah kita pahami bersama bahwa dalam beberapa kasus teks Alkitab memang dapat, bahkan harus berubah!