Penyertaan Yesus

Sabtu, 14 April 2018 – Hari Biasa Pekan II Paskah

37

Yohanes 6:16-21

Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, sedang laut bergelora karena angin kencang. Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Aku ini, jangan takut!” Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

***

Keberanian dan kerja keras para rasul dalam mewartakan Kristus yang bangkit menimbulkan persoalan lain, yakni bertambahnya pengikut dan kelompok-kelompok tertentu yang sering kali terabaikan dalam pelayanan (bacaan pertama hari ini, Kis. 6:1-7). Para rasul dalam semangat kesatuan dan kebersamaan kemudian memikirkan bagaimana caranya melayani kelompok yang sering kali terlupakan atau luput dari pengaturan pelayanan.

Mereka lalu membuat kebijakan pastoral, yakni mengangkat para diakon untuk menjalankan pelayanan khusus bagi para janda. Pemilihan dan penetapan ketujuh diakon menjadi awal mula pelibatan anggota jemaat yang lain dalam pelayanan. Kreativitas dan inisiatif positif ini menginspirasi kesadaran akan pengembangan dan penambahan tenaga pastoral dalam pelayanan.

Sementara itu, penampakan Yesus di Danau Tiberias menunjukkan bahwa Kristus senantiasa menyertai para rasul. Hal yang sama terjadi pasca kebangkitan-Nya. Yesus senantiasa menyertai mereka dalam tugas pewartaan yang mereka jalankan. Yesus menyertai pergumulan mereka dalam menghadapi rupa-rupa tantangan yang muncul silih berganti.