Apa Kata Kitab Suci tentang Api Penyucian (6)

37

Teks-teks Kitab Suci tersebut di atas tidak berbicara apa-apa tentang cara penyucian, juga tentang api. Gagasan tentang api berasal dari Yudaisme yang mencampurkan purgatorium dengan gehena, lalu melihatnya sebagai keadaan siksaan sementara. Sebagian teologi Kristen kemudian mengikuti bayangan Yahudi itu.

Ada penafsir yang melihat permulaan dari perkembangan itu dalam 1Kor. 3:13-15. “Sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan tampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan tampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.  Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.”

Namun perlu ditanyakan apakah ayat-ayat itu berbicara mengenai keadaan purgatorium?Yang dibicarakan di sini sebenarnya adalah pengadilan terakhir, hari kedatangan Tuhan. Api di sini juga bukan api yang membersihkan atau menyucikan, tetapi api yang membedakan, kiasan untuk pembedaan di dalam pengadilan.

Semua orang Kristen percaya kepada kekudusan Allah; percaya bahwa sesuatu yang najis tidak akan masuk ke dalam kediaman-Nya (Why. 21:27) dan bahwa “tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan” (Ibr. 12:14). Mereka semua juga tahu bahwa tidak seorang pun yang hidup dan mati sama sekali tanpa dosa (Rm. 3:4, 9-10, 20, 23).

Karena Kristus  telah membuka surga dan menjanjikan bahwa Allah akan dilihat oleh orang berdosa yang diampuni karena darah-Nya (1Ptr. 3:18-20), maka dengan sendirinya orang Kristen akan berpikir juga tentang suatu penyucian sebelum dapat melihat Allah. Kitab Suci beberapa kali menunjukkan bahwa dalam proses penyucian itu, orang hidup dapat berdoa dan bertindak sebagai perantara bagi orang mati.***

Kepustakaan

Boff, L., Was komt nahher, Salzburg: Otto Müller, 1982, pp. 48-57.

Goff, Jacques de, 1984, The Birth of Purgatory, Goldhammer: Scholars Press, 448p (236.5 GOF b).

Ombres, Robert, 1978, The Theology of Purgatory, Wisconsin: Clergy Book Service, 92p. (236.5 OMB t).

Spicq, C., “Purgatoire” Dictionnaire de la Bible, Suppl. 9, Paris: Letouzey, 1979, 555-565.