WB No. 1 (2019)

218

ARTIKEL UTAMA: ESAU DAN YAKUB, ANTARA KEKUASAAN TERBERI DAN KEKUASAAN YANG DIRAIH LEWAT PERSAINGAN (Valens Agino CMF)

Semenjak dalam kandungan Ribka, kedua putra kembar Ishak telah dinubuatkan untuk bersaing dan hidup secara terpisah satu sama lain. Ketika mereka lahir dan menjadi besar tampaklah gejala-gejala ketegangan tersebut.

ARTIKEL UTAMA: SALOMO DAN ADONIA, PERTARUNGAN UNTUK MEREBUT TAKHTA  (Y.M. Seto Marsunu)

Menjelang kematian Daud, Salomo naik takhta menggantikan ayahnya berkat campur tangan Batsyeba dan para pendukungnya. Namun, peralihan kekuasaan dari tangan Daud ke tangan Salomo ini tidak berlangsung dengan tenang. Salomo bukanlah anak laki-laki Daud yang paling tua, tetapi mengapa ia bisa menduduki takhta menggantikan ayahnya?

ARTIKEL UTAMA: PAULUS DAN PETRUS, DUEL ATAU DUET? (Hortensius F. Mandaru)

Ada pendapat bahwa setelah Yesus wafat, jemaat Kristen terbagi menjadi dua kelompok utama. Kelompok pertama masih mempertahankan akar dan ciri keyahudian gerakan Yesus historis, serta mewajibkan Hukum Taurat bagi para pengikutnya. Kelompok kedua, yang dipelopori Paulus, berkembang dalam konteks Yunani dan mulai meninggalkan akar keyahudian gerakan Yesus. Benarkah demikian?

KERASULAN KITAB SUCI: SANG PENDENGAR FIRMAN (Fransiskus Borgias M.)

Manusia adalah citra Allah. Unsur paling hakiki dari martabat sebagai citra Allah ialah fakta bahwa manusia dianugerahi dua rahmat yang paling mendasar, yaitu akal budi dan kehendak bebas.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: NEBUKADNEZAR, RAJA ASYUR ATAU RAJA BABEL? (Jarot Hadianto)

Kitab Yudit bermasalah sudah sejak awal. Sudah sejak permulaan cerita, kitab ini menyebut Nebukadnezar sebagai raja orang Asyur. Bagaimana mungkin Nebukadnezar menjadi raja Asyur? Bukankah dia ini raja termasyhur dari kerajaan Babel?

APA KATA KITAB SUCI TENTANG … ALLAH DAN BENCANA (Alfons Jehadut)

Akhir-akhir ini bencana secara bertubi-tubi menimpa tanah air kita tercinta. Bagaimana Allah terlibat dalam berbagai peristiwa bencana yang merengut banyak nyawa dan menghilangkan banyak harta benda dalam waktu sekejap?