Bersihkanlah Aku, Ya Tuhan

Sabtu, 2 November 2019 – Mengenang Arwah Semua Orang Beriman

51

Yohanes 6:37-40

“Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari surga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

***

Oleh Bapa, kita semua sudah diserahkan kepada Yesus. Karena itu, rahmat keselamatan sebenarnya bisa kita gapai hanya dengan melakukan satu syarat saja, yakni mengikut Yesus dengan setia. Masalahnya, kita sering kali tidak bisa bersikap setia. Kita datang kepada Yesus hanya di saat kita membutuhkan-Nya. Lalu, apa yang terjadi jika apa yang kita mohon tidak dikabulkan Yesus? Apakah kita tetap setia datang kepada-Nya?

Memang benar bahwa siapa saja yang datang kepada Yesus tidak akan Ia tolak. Namun, bukan berarti bahwa kita dapat datang kepada-Nya dengan “berpakaian” asal-asalan. Yesus menuntut orang-orang yang mengikut Dia untuk bersikap layak.

Bapa menghendaki supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada Yesus jangan ada yang hilang. Namun, karena kedegilan dan kesombongan hati manusia, bisa jadi ada orang-orang yang memilih untuk berpaling dari-Nya. Demikianlah, keselamatan terus-menerus ditawarkan oleh Bapa, tetapi manusia sering kali menolaknya.

Karena itu, saudara-saudari sekalian, agar kita kelak menikmati keselamatan kekal yang ditawarkan oleh Bapa, marilah kita gunakan waktu yang ada untuk proses pembersihan diri kita.