WB No. 3 (2020)

64

ARTIKEL UTAMA: PERSEKUTUAN ROH KUDUS DALAM INJIL LUKAS DAN KISAH PARA RASUL (Valens Agino CMF)

Roh Kudus menjadi pelaku penentu pada momen-momen tertentu dalam kedua tulisan Lukas. Dia menjadi dalang persekutuan dalam diri Allah Tritunggal Mahakudus dan dalam diri manusia. Dia bersekutu dengan dua pribadi ilahi lainnya dan dengan manusia.

ARTIKEL UTAMA: “MAKAN MINUM” DALAM INJIL LUKAS (Hortensius F. Mandaru)

Lukas memanfaatkan tema perjamuan untuk menggarisbawahi pewartaannya tentang Yesus dan jemaat-Nya. Dengan selalu berpesta dan makan bersama, Yesus menghadirkan Allah yang memberi kehidupan dan sukacita bagi manusia.    

ARTIKEL UTAMA: EPIDEMI DALAM ALKITAB DAN COVID-19 (Martin Harun OFM)

Masyarakat yang ditimpa epidemi seperti Covid-19 banyak bertanya, bukan hanya dari mana virus itu dan bagaimana menanggulanginya, tetapi juga mengapa virus seperti itu masih bisa merajalela di dunia yang modern ini. Ada kerapuhan apa dalam tata kehidupan manusia dan masyarakat sekarang?

KERASULAN KITAB SUCI: DRAMA TRAGIS AYUB 1 – 2 DAN 42:7-17: BEBERAPA REAKSI (Fransiskus Borgias)

Menarik untuk melihat sikap dan reaksi manusia terhadap merebaknya penyakit, apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini. Karena itu, melalui kisah Ayub, kita akan melihat kisah manusia yang sakit dan menderita. Apa yang ia lakukan, yang ia katakan, dan yang ia pikirkan?

PERIKOP-PERIKOP SULIT: RAHASIA KERAJAAN ALLAH 2 (Jarot Hadianto)

Daniel tampil di hadapan Raja Nebukadnezar. Ia menceritakan kembali sekaligus menjelaskan maksud dari mimpi sang raja. Mimpi tentang patung raksasa yang bagian-bagiannya terbuat dari empat logam yang berbeda ternyata adalah mimpi politis. Logam-logam itu melambangkan kerajaan-kerajaan manusia yang datang dan pergi.     

APA KATA KITAB SUCI TENTANG: KETERLIBATAN ALLAH DAN MANUSIA DALAM BENCANA (Alfons Jehadut)

Berbagai bencana dalam kehidupan sesungguhnya tidak hanya terjadi pada masa sekarang, tetapi juga pada masa lampau. Tidaklah mengherankan jika halaman-halaman Alkitab dipenuhi dengan kisah bencana dan dampak buruknya bagi manusia, binatang, dan makhluk lainnya.