PKS No. 5 (2017)

236

MESIAS HARUS MENDERITA DAN MATI (3 SEPTEMBER 2017)

Petrus gagal memahami nubuat tentang penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus, sehingga dicela oleh-Nya. Dia disebut sebagai batu sandungan. Mengapa hal ini bisa terjadi pada Petrus, padahal sebelumnya ia dapat dengan tepat mengungkap identitas Yesus sebagai Mesias?

SIKAP TERHADAP SAUDARA YANG BERDOSA (10 SEPTEMBER 2017)

Yesus memberi petunjuk kepada para murid tentang bagaimana bersikap dan bertindak jika ada saudara mereka yang berbuat dosa. Dalam hal ini, tindakan mereka harus didasari oleh semangat saling mengasihi. Mereka juga harus bertindak tahap demi tahap, sebab tujuannya bukan menghukum, melainkan agar si pendosa menyadari kesalahannya dan bertobat.

DIAMPUNI, TETAPI TIDAK MAU MENGAMPUNI (17 SEPTEMBER 2017)

Fitnah dan kebencian saat ini dengan mudah merajalela di tengah-tengah masyarakat. Situasi seperti ini membuat mengampuni menjadi sesuatu yang semakin sulit dilakukan. Bagaimana mungkin kita mengampuni seseorang yang menyusahkan kita dengan segala kebenciannya? Masihkah nasihat Yesus agar kita mengampuni “tujuh puluh kali tujuh kali” relevan diterapkan?

TIDAK RELA ALLAH BERMURAH HATI (24 SEPTEMBER 2017)

Yang bekerja mulai pagi dan yang hanya bekerja selama satu jam sama-sama mendapat upah satu dinar. Apa yang mau dikatakan Yesus dengan perumpamaan tersebut? Apakah Allah berlaku tidak adil dengan bertindak seperti itu kepada manusia di Kerajaan-Nya?

DUA ORANG ANAK (1 OKTOBER 2017)

Tidak ada gunanya kalau orang hanya menyatakan kesanggupan untuk melakukan kehendak Allah. Kesanggupan itu harus terungkap dalam tindakan nyata. Temukan kebenaran pernyataan tersebut dalam perumpamaan Yesus tentang dua orang anak yang sikapnya saling bertolak belakang.

PARA PENGGARAP YANG JAHAT (8 OKTOBER 2017)

Sejumlah orang menerima tanggung jawab untuk menggarap kebun anggur. Mereka harus merawat dan menjaga kebun itu, memanen hasilnya, lalu menyerahkannya kepada pemilik kebun. Namun, tanggung jawab itu mereka abaikan. Mereka malah melakukan kejahatan dan pemberontakan. Hukuman berat sudah menanti mereka.

PERUMPAMAAN TENTANG PERJAMUAN (15 OKTOBER 2017)

Semua orang, baik atau jahat, diundang untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Namun, menghadiri perjamuan di situ tentunya harus mengenakan pakaian yang pantas.

PAJAK KEPADA KAISAR (22 OKTOBER 2017)

Manusia hanya dibenarkan bila menyembah Allah. Seorang kaisar juga manusia, yang wajib memberikan hak Allah kepada-Nya dan menyembah-Nya.

HUKUM YANG TERUTAMA (29 OKTOBER 2017)

Kasih Allah kepada manusia harus menjadi teladan bagi para pengikut Kristus dalam mengasihi sesama. Mereka diminta untuk rela berkorban semata-mata agar orang yang mereka kasihi menjalani kehidupan secara benar dan mengalami kebahagiaan.