WB No. 3 (2018)

140

ARTIKEL UTAMA: PUASA DAN RAHMAT CUMA-CUMA DARI TUHAN (Valens Agino CMF)

Praktik berpuasa bangsa Israel sudah dilakukan sejak masa sebelum pembuangan Babel. Mulai masa pembuangan, puasa sudah menjadi kewajiban keagamaan untuk penyilihan terhadap dosa yang menyebabkan kisah tragis kekalahan umat pilihan di bawah kekuasaan Babel. Selain itu, adakah makna dan motif lain yang mendasari puasa orang-orang Israel dalam Perjanjian Lama?

ARTIKEL UTAMA: PUASA DALAM PERJANJIAN BARU (Petrus Cristologus Dhogo SVD)

Karena Yesus dan para rasul hidup dalam budaya Yahudi, praktik berpuasa merupakan hal yang normal, sehingga para penulis Perjanjian Baru merasa tidak perlu meliskannya lagi. Itulah sebabnya ajaran atau petunjuk tentang puasa dalam Perjanjian Baru tidak selengkap yang tertulis dalam Perjanjian Lama.

ARTIKEL UTAMA: PRAKSIS PUASA DAN PANTANG DALAM TRADISI GEREJA (Fransiskus Borgias M.)

Praksis pantang/puasa, bersama doa dan sedekah, merupakan sarana kesalehan tradisional. Ketiganya berkaitan erat. Makna ketiganya hanya dapat terwujud jika dilaksanakan sebagai satu kesatuan utuh untuk menopang hidup rohani.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: RAMBUTMU BAGAIKAN KAWANAN KAMBING (Jarot Hadianto)

Mari kita soroti Kid. 4:1-7. Perikop ini menggambarkan pasangan yang berbahagia karena pada akhirnya bersatu janji untuk hidup bersama dalam suka dan duka. Dalam kesempatan ini, mempelai laki-laki memuji kecantikan mempelai perempuan yang tiada duanya. “Rambutmu bagaikan kawanan kambing yang bergelombang turun dari pegunungan Gilead,” demikian ia berkata.

APA KATA KITAB SUCI TENTANG … HARTA MILIK DALAM INJIL LUKAS DAN KISAH PARA RASUL 4 (Alfons Jehadut)

Bagian yang terakhir ini akan berbicara tentang harta milik para rasul dan para misionaris. Selain itu, dibahas pula tentang kompleksitas pemahaman tentang harta milik dan penggunaannya sebagai kesimpulan untuk seluruh penjelasan tentang harta milik dalam Injil Lukas dan Kisah Para Rasul.

MENGKRITISI TERJEMAHAN YANG MELEGENDA (Hortensius F. Mandaru)

Bagi sejumlah orang, Alkitab King James Version (KJV) merupakan satu-satunya terjemahan yang paling tepat dan paling setia dengan teks asli Alkitab. Benarkah anggapan tersebut?