WB No. 1 (2020)

103

ARTIKEL UTAMA: GAMBARAN YESUS DALAM INJIL MARKUS (F.X. Marmidi SCJ)

“Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?” (Mrk. 4:41). Pencarian jawaban atas pertanyaan ini bukan saja dilakukan oleh para murid, melainkan juga oleh penulis Injil Markus yang memandang bahwa Yesus dan jalan hidup-Nya penuh dengan misteri.

ARTIKEL UTAMA: TERBUKA PADA KUASA YANG MELAMPAUI DIRI: KEMURIDAN BERDASARKAN MARKUS 9:38-41  (Jadesmon Saragih)

Wacana tentang model kemuridan yang diajarkan Yesus dimulai dengan perdebatan kedua belas murid tentang siapa yang terbesar di antara mereka. Pertanyaannya, fungsi apa yang diperankan kisah ini dalam kerangka tema menjadi murid menurut Markus? 

ARTIKEL UTAMA: YESUS, SANG MESIAS YANG TERSEMBUNYI  (Paulus Toni Tantiono OFMCap)

Kunci untuk menangkap dan memahami rahasia Yesus sebagai Mesias yang menderita ialah kesediaan untuk mengikut-Nya dalam penderitaan dan membiarkan Yesus memaknai pengalaman hidup pengikut-Nya dengan pengajaran-Nya.

KERASULAN KITAB SUCI: BUKANKAH AKU RASUL? (M. Donata PRR)

Paulus tidak termasuk dalam “kelompok dua belas.” Namun, dengan penuh sukacita, ia menyebut dirinya rasul yang lahir dari perjumpaannya dengan Tuhan. Ia adalah alat pilihan-Nya.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: BERHIKMAT KARENA MAKAN SAYUR (Jarot Hadianto)

Daniel dan ketiga temannya menjadi orang-orang paling berhikmat di Babel, lebih dari orang-rang Babel sendiri. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Apakah ini berhubungan dengan sayur yang mereka makan sepanjang masa pendidikan?