Pengantar Perjanjian Lama

66

Alkitab memuat sabda Allah yang disampaikan dalam bahasa manusia. Allah menyatakan diri melalui alam dan sejarah. Para penulis Kitab Suci, di bawah bimbingan Roh Kudus, mengungkapkan pernyataan diri Allah itu kepada orang Israel di zaman lampau. Karena itu, untuk memahami sabda Allah yang tertulis dalam Kitab Suci, orang harus “masuk” ke dunia Kitab Suci. Buku ini memuat beberapa hal yang diperlukan untuk membaca dan memahami Kitab Suci Perjanjian Lama, yakni:

  • Pemahaman tentang sabda Allah yang disampaikan dalam bahasa manusia. Di dalamnya juga akan dilihat daftar kitab yang termasuk dalam Perjanjian Lama dan jenis-jenis sastra yang banyak digunakan di dalam Perjanjian Lama.
  • Sejarah alkitabiah yang memberikan ringkasan sejarah umat Allah yang tertulis di dalam Perjanjian Lama. Sejarah alkitabiah ini dimulai dengan penciptaan alam semesta yang tercantum dalam kitab Kejadian dan diakhiri dengan situasi Israel pada zaman Yunani, seperti yang diceritakan dalam kitab 1-2 Makabe.
  • Kehidupan manusia di zaman Perjanjian Lama, baik yang menyangkut kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat, maupun kehidupan keagamaan.
  • Pokok-pokok teologi yang membantu kita untuk mengerti pemahaman mengenai Allah dalam Perjanjian Lama.

Y.M. Seto Marsunu

SHARE