WB No. 4 (2022)

56

ARTIKEL UTAMA: NABI YOEL (Josep Ferry Susanto Pr)

Penulis Kitab Yoel tidak hanya sekadar seorang kompilator yang menggunakan tradisi-tradisi “Hari Tuhan” yang sudah ada sebelumnya. Dengan teknik puitis yang komprehensif, penulis kitab Yoel menghidupkan nubuat Allah tentang nasib umat-Nya. Tegangan itu menarik perhatian umat Allah menuju pertobatan sejati.

ARTIKEL UTAMA: KITAB YUNUS, SI MERPATI: PERDEBATAN DAN MAKNA TEOLOGISNYA (Paulus Toni Tantiono OFMCap)

Kitab Yunus berisi protes terhadap kekakuan dan kesempitan sudut pandang orang Yahudi tentang keselamatan dan belas kasih Allah. Kitab ini juga melawan partikularisme sempit yang membuat orang Yahudi berpikir bahwa hanya merekalah yang layak untuk mendapat berkat Tuhan, sementara bangsa-bangsa lain tidak.

ARTIKEL UTAMA: SASTRA HIKMAT KEBIJAKSANAAN ISRAEL: RELEVANSI TEOLOGISNYA DARI PERSPEKTIF KRISTIANI (Fransiskus Borgias)

Kitab-kitab sastra hikmat kebijaksanan Israel akan senantiasa relevan secara teologis dalam Gereja. Kita tidak dapat mengabaikannya, walaupun mungkin secara realistik, kitab-kitab itu diabaikan dan terlupakan. Pengabaian ini sama sekali tidak meniadakan relevansi kateketik dan teologis dari masing masing kitab itu.

KERASULAN KITAB SUCI: LANGKAH SEDERHANA UNTUK MENGAJARKAN KITAB YUNUS (Y.M. Seto Marsunu)

Kitab Yunus berbeda dengan semua kitab nabi yang lain. Kitab ini merupakan kisah mengenai seorang nabi yang menolak melakukan perintah Tuhan. Dengan sengaja ia melarikan diri dari tugas itu karena tidak spendapat dengan kehendak Tuhan. Setelah Tuhan “memaksanya” untuk melakukan tugas itu dan berhasil, ia justru mengeluh kepada Tuhan. 

PERIKOP-PERIKOP SULIT: KEMATIAN YUDIT 1 (Jarot Hadianto)

Niat untuk menjadi pahlawan sebenarnya tidak ada sama sekali dalam diri Yudit. Ia adalah seorang perempuan biasa, seorang istri yang sudah menjadi janda di usia muda karena ditinggal mati oleh suaminya, yakni Manasye. Pengepungan pasukan Asyur atas Betulia, kota tempat tinggalnya, mengubah jalan hidup perempuan ini.

APA KATA KITAB SUCI TENTANG … KATA-KATA DAN PERBUATAN-PERBUATAN YESUS 4 (Alfons Jehadut)

Dalam Injil Mrkus, penyembuhan putri seorang perempaun Siro-Fenisia meupakan satu-satunya mukjizat pemyembuhan yang dilakukan Yesus dari jauh. Penyembuhan dari jauh bertujuan untuk menunjukkan kuasa ilahi Yesus yang luar biasa sebagai Anak Allah. 

TERJEMAHAN KITAB SUCI: TERJEMAHAN LATIN: VETUS LATINA & VULGATA (Hortensius F. Mandaru)

Setelah pertengahan abad ke-2, dimulailah terjemahan-terjemahan Latin atas LXX (Septuaginta). Kutipan-kutipan Alkitab dalam bahasa Latin banyak ditemukan dalam tulisan-tulisan para Bapa Gereja, seperti Tertulianus, Siprianus, dan Agustinus. Keseluruhan terjemahan-terjemahan Latin awali ini biasanya disebut Vetus Latina, artinya Latin Awal/Kuno.