Laki-laki dan Perempuan

Eco Lectio Divina 009

13

Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka dan berfirman kepada mereka, “Beranakcuculah dan bertambah banyaklah. Penuhilah dan taklukkanlah bumi” (Kej. 1:27-28).

***

Allah  menciptakan manusia serupa dengan diri-Nya, dwitunggal dalam cinta perkawinan dan tritunggal dalam berkat keluarga. Manusia pernah berjumlah amat kecil dan terancam, maka ditugaskan untuk bertambah banyak dan memenuhi bumi.

Jumlah kita sekarang sudah sangat banyak dan memadati bumi. Laki-laki dan perempuan tetap dipanggil untuk beranak cucu, namun kini terencana, agar tidak memenuhi planet kita melampaui daya tampungnya dan menguras bumi secara tidak berkelanjutan.

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhan, yang menciptakan kami, perempuan dan laki-laki, untuk mengambil bagian dalam karya ciptaan-Mu. Kami, yang kini sudah sangat banyak, memohon agar setiap pasangan suami istri Kauberkati dan Kautolong dalam merencanakan keturunan, agar jumlah kami tidak mengganggu keseimbangan dalam keluarga besar ciptaan-Mu. Amin.