Fans Setia Yesus

Selasa, 17 November 2020 – Peringatan Wajib Santa Elisabet dari Hungaria

45

Lukas 19:1-10

Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.” Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: “Ia menumpang di rumah orang berdosa.” Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”

***

Girlband dan boyband asal Korea terkenal memiliki fanbase yang besar di dunia. Sebut saja dua di antaranya, yakni penggemar Blackpink yang disebut Blink dan penggemar BTS yang dikenal dengan nama Army. Umumnya mereka adalah generasi milenial. Para idola mereka dukung dengan setia, bahkan fanatik. Tengok saja ketika kedua kelompok penyanyi ini merilis lagu di YouTube. Video mereka langsung ditonton berjuta-juta kali dalam sehari dan bisa trending dalam waktu lama. Di media sosial, para penggemar ini sikapnya sangat galak. Apabila ada yang menyinggung idola mereka, mereka dengan segera akan menyerang, bahkan merundung orang itu. Itulah kekuatan fans. Mereka akan melakukan apa pun demi sang idola.

Dengan pengajaran dan mukjizat-Nya, Yesus memiliki popularitas yang tinggi di masa hidup-Nya. Ia memiliki banyak fans setia, salah satunya Zakheus. Zakheus adalah seorang pemungut cukai dan orang kaya di Yerikho. Orang ini sangat penasaran dan ingin sekali berjumpa dengan Yesus. Karena itu, ia bahkan sampai nekat memanjat pohon ara agar dapat melihat Yesus. Mengingat status sosial Zakheus yang tinggi, tindakannya ini sebenarnya sulit dimengerti. Namun, begitulah seorang penggemar.

Kegigihan Zakheus berbuah manis. Yesus menyapanya, lalu mau menginap di rumahnya. Tentu Zakheus girang bukan kepalang. Kunjungan Yesus ternuata mengubah dirinya. Zakheus tergerak untuk bertobat dan mengembalikan uang yang diperolehnya secara tidak jujur. Melihat itu, Yesus pun berkata, “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini.”

Sebagai seorang Kristen, kita sebenarnya adalah fans setia Yesus. Kita mesti bangga dan mengidolakan-Nya. Kita harus selalu mencari-Nya, selalu ingin berjumpa dengan Yesus dan membawa-Nya masuk ke dalam rumah hati kita. Lagu berikut kiranya bisa menjadi ungkapan kerinduan hati kita kepada-Nya: “Mari masuk, mari masuk, masuk hatiku, oh Yesus … Datang sekarang, datang tinggal di hatiku, oh Yesus…”