Orang-Orang Pilihan

Minggu, 14 November 2021 – Hari Minggu Biasa XXXIII

92

Markus 13:24-32

“Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan guncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan pada waktu itu pun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit.

Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.”

***

Sinetron Ikatan Cinta begitu terkenal saat ini. Setiap hari, orang menantikan penayangannya. Banyak yang mencari informasi dan menduga-duga bagaimana kelanjutan sinetron ini. Banyak juga yang berusaha menebak bagaimana akhir kisahnya. Ya, orang penasaran dan ingin tahu akhir suatu cerita. Orang ingin segera mendapat kepastian.

Pada dasarnya, hidup kita penuh dengan ketidakpastian, padahal manusia paling tidak suka berada dalam situasi semacam itu. Ketidakpastian bisa membawa pada ketakutan. Karena itu, kita menggunakan berbagai macam cara supaya bisa merasa lebih pasti. Ada yang begitu percaya dengan ramalan-ramalan, firasat, atau tanda-tanda. Di zaman sekarang, orang selalu mengecek prakiraan cuaca, menggunakan aplikasi peta dalam perjalanan, dan sebagainya. Semua itu merupakan sarana yang membuat orang merasa lebih tenang karena ada sesuatu yang cukup jelas di depan, ada pegangan yang lebih pasti untuk melangkah.

Orang juga selalu bertanya-tanya tentang akhir kehidupan, tentang akhir zaman. Apakah akhir zaman akan terjadi seperti yang digambarkan dalam film-film tentang kiamat? Akhir zaman sering digambarkan secara menakutkan. Dibayangkan bahwa bencana alam yang dahsyat akan melanda dunia, misalnya gempa bumi, gunung meletus, atau tsunami yang menghancurkan segala kehidupan. Karena itu, ketika terjadi bencana alam di suatu tempat, sering kali orang langsung mengatakan bahwa kiamat atau akhir zaman sudah dekat.

Sabda Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa bagaimana dan kapan akhir zaman akan terjadi, itu semua adalah misteri. Ini adalah sebuah ketidakpastian karena tidak ada seorang pun yang tahu, kecuali Bapa. Walau begitu, kita tidak perlu takut karena ketika hal itu terjadi, malaikat-malaikat Allah akan mengumpulkan orang-orang pilihan. Dengan dibaptis, kita masuk dalam orang-orang pilihan ini berkat karya penyelamatan Yesus Kristus.