Berkeliling, Para Perempuan, dan Melayani

Jumat, 16 September 2022 – Peringatan Wajib Santo Kornelius

54

Lukas 8:1-3

Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana istri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

***

Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kabar gembira harus disebarluaskan, tidak boleh hanya menjadi konsumsi pihak atau kelompok tertentu saja. Inilah misi Yesus: Keselamatan bagi semua orang. Ketika para murid menyampaikan kepada Yesus supaya kembali kepada orang-orang yang menantikan-Nya, dengan tegas Ia menjawab, “Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus” (Luk. 4:43). Demikian juga ketika orang-orang menahan-Nya supaya tetap tinggal di daerah mereka, Yesus dengan tegas menolaknya, lalu melanjutkan perjalanan. Yesus tanpa lelah terus berjalan berkeliling untuk mewartakan Injil. Ia mempunyai komitmen yang tinggi kepada misi-Nya.

Pewartaan Yesus mempunyai daya pikat yang tinggi. Pelan-pelan orang mulai mengikuti-Nya. Ada kelompok khusus yang disebut rasul, yang selalu berada di sekeliling Yesus. Selain mereka, ada juga sejumlah orang yang kemudian disebut para murid. Jadi, bisa dibayangkan bahwa ketika Yesus berkeliling memberitakan Injil Kerajaan Allah, ada keramaian dan banyak orang di sana. Termasuk dalam kelompok ini adalah perempuan-perempuan. Bacaan Injil hari ini menyebut tiga nama, yaitu Maria Magdalena, Yohana, dan Susana. Namun, selain tiga orang itu, masih ada perempuan-perempuan lain yang mengikuti Yesus. Mereka mengambil bagian dalam pelayanan karena sudah mengalami sendiri kasih dan keselamatan dari Yesus. Mereka sekaligus adalah saksi dari kuasa Yesus sebagai Mesias.

Rombongan besar Yesus tentu saja mempunyai banyak kebutuhan. Tidak bisa dimungkiri bahwa mereka juga perlu makanan, tempat beristirahat, alat transportasi (contohnya perahu), dan sebagainya. Petrus, Yakobus, dan Yohanes adalah murid-murid yang paling sering menyertai Yesus dalam peristiwa-peristiwa penting dan personal. Para murid lain ambil bagian dalam mengatur para pendengar. Sementara itu, perempuan-perempuan yang disebutkan di sini dikatakan menyertai Yesus dan mendukung seluruh rombongan dengan kekayaan mereka. Ini menggambarkan bahwa ada banyak peran yang bisa kita ambil dalam misi mewartakan Kerajaan Allah. Kita bisa mengambil peran sesuai dengan situasi, kondisi, dan anugerah yang kita terima dari Tuhan.