Kita Adalah Pribadi yang Istimewa

Rabu, 17 Mei 2023 – Hari Biasa Pekan VI Paskah

76

Yohanes 16:12-15

“Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari-Ku.”

***

Kita patut bersyukur, sebab hari ini kita mendapatkan penyegaran, pencerahan, dan penyadaran kembali mengenai jati diri kita, yakni bahwa kita ini adalah pribadi yang istimewa. Kepada kita, Tuhan menganugerahkan hidup, keluarga, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Itu semua kita miliki bukan melulu karena kita berprestasi, melainkan berkat kasih sayang Tuhan terhadap kita. Ya, kita hidup, bergerak, dan ada karena Dia. Allah yang hadir dalam diri Yesus adalah sumber hidup kita.

Karena Yesus, kita dapat berdiri tegak sampai sekarang, tangguh, taat, setia, mampu mengampuni, dan semakin rendah hati. Kasih Yesus kepada kita begitu besar. Ia tetap memberi kepercayaan kepada kita, meskipun kita ini sering kali rapuh dan lemah. Ketika kita goyah, Yesus selalu menopang kaki kita.

Pencerahan ini sangat berguna agar kita tanpa jemu, tanpa lelah, tetap gembira, dan tetap bersemangat dalam beriman dan mewartakannya. Kita harus berani, sebab kita ditopang oleh Roh Kebenaran yang dianugerahkan Yesus. Karena itu, mari kita memupuk kepercayaan diri agar tidak dikuasai oleh keraguan, rasa minder, dan perasaan rendah diri. Kita harus bangga dan berysukur, sebab kita ini dipilih dan diutus. Mari kita membagikan buah-buah iman yang kita miliki. Jadilah pribadi Katolik yang siap sedia menebarkan sukacita di hati banyak orang.