Dalam Nama Yesus

Sabtu, 20 Mei 2023 – Hari Biasa Pekan VI Paskah

71

Yohanes 16:23b-28

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

***

Pesan sangat indah hari ini disampaikan Yesus kepada para murid-Nya. Yesus tidak membiarkan para murid mengalami keguncangan dan kegelisahan dalam hidup mereka. Karena itu, Ia memberi jaminan agar hati mereka tenang dan tenteram: “Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.” Permintaan yang disampaikan para murid kepada Bapa dalam nama Yesus pasti akan dipenuhi.

Jaminan tersebut juga memberi gambaran betapa Yesus sungguh mengasihi orang-orang yang beriman kepada-Nya. Ia benar-benar mengasihi mereka dan berkenan menganugerahi mereka sukacita. Orang-orang yang sungguh mengandalkan Dia tanpa ragu, tanpa mengeluh, dan tanpa takut akan dicurahi-Nya sukacita sejati. Sungguh, Yesus adalah jaminan dan andalan dalam hidup!

Kita semua hari ini diundang untuk percaya kepada Yesus. Dia berasal dari Allah dan senantiasa bersatu dengan-Nya. Meski diterjang badai topan dan dilanda berbagai persoalan, iman kita kepada-Nya harus tetap teguh. Masalah-masalah itu tidak boleh membelokkan kita dari jalan-Nya, sebab bisa jadi justru menjadi kesempatan bagi kita untuk merasakan kasih dan kekuasaan-Nya. Berbahagialah kita yang selalu percaya, serta mengandalkan dan mengasihi Allah, sebab kita akan dilimpahi sukacita yang melimpah.