Ikan dan Burung

Eco Lectio Divina 006

26

Berfirmanlah Allah, “Hendaklah berkeriapan dalam air makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala.” … Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Allah memberkati semua itu, firman-Nya, “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air di laut, dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak” (Kej. 1:20-22).

***

Tanah sudah menumbuhkan tunas-tunas. Lalu, Firman menyapa dan menyukakan air dan langit dengan menjadikannya tempat ikan berkeriapan dan burung beterbangan.

Ketika melihat bahwa semuanya itu baik, Allah berfirman lagi, memberkati makhluk-makhluk itu, serta berbagi dengan mereka daya cipta-Nya. Ikan dan burung diberi daya kesuburan untuk berkembang biak, sehingga keanekaragamannya melonjak melampaui segala bayangan. Merekalah ungkapan terelok keindahan ilahi!

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhan, atas segala jenis burung di langit dan ikan di laut. Engkau selamanya memberdayakan mereka untuk bertambah banyak dan beraneka ragam. Namun, kami sering menjadi penghalang dengan merusak habitat dan menangkap secara berlebihan. Kiranya firman-Mu membuka mata dan telinga kami agar bisa terkagum-kagum kembali atas keindahan-Mu di dalam mereka. Amin.