Mengerjakan dan Memelihara

Eco Lectio Divina 14

25

TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya di Taman Eden untuk mengerjakan dan memelihara taman itu. Lalu TUHAN Allah memberi perintah kepada manusia, firman-Nya, “Buah dari semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan dengan bebas, tetapi buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, jangan kaumakan, sebab pada saat engkau memakannya, engkau pasti mati” (Kej. 2:15-17).

***

Bumi merawat kehidupan manusia, tetapi juga perlu dirawat olehnya. Manusia diberi tugas menggarap tanah demi nafkahnya, tetapi juga ditugaskan Allah untuk menjaga serta memelihara lahan itu agar tetap subur dengan mematuhi aturan yang diberikan Tuhan.

Pekerjaan kita akan melestarikan bumi dan semua yang hidup di atasnya hanya bila kita “menghormati hukum alam dan keseimbangan halus yang ada di antara makhluk-makhluk di dunia ini” (Laudato Si’ 68), dan tidak bekerja semaunya sendiri demi keuntungan secepatnya saja.

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhan, yang menganugerahi kami pekerjaan pengembangan bumi. Engkau juga menuntun pekerjaan kami melalui tata tertib dan keseimbangan halus yang telah Kauletakkan di dalam alam ciptaan-Mu. Tolonglah kami agar mematuhinya demi keberlangsungan hidup di rumah kami bersama ini. Amin.