Rambutmu Bagaikan Kawanan Kambing (9)

“Rambutmu bagaikan kawanan kambing yang bergelombang turun dari pegunungan Gilead” (Kid. 4:1c)

206

Penutup

Dengan demikian sudah saatnya pandangan lama kita ubah. Keberadaan Kidung Agung dalam Kitab Suci jangan lagi dilihat sebagai batu sandungan, melainkan justru harus disyukuri. Dengan indah dan jujur, kitab ini mengupas seksualitas manusia, sekaligus menggambarkan bahwa manusia adalah makhluk yang saling menyayangi. Kidung Agung menjadi bukti kemurnian dan kekudusan cinta manusia. Segala sesuatunya dikatakan apa adanya dan secara terbuka, sebab manusia-manusia yang muncul di sini adalah pribadi-pribadi dewasa, jujur, dan matang dalam seksualitas mereka. Sebagai pembaca, kita diajak untuk sampai ke tingkat yang sama.

Menutup tulisan ini, pembaca mungkin ada yang terganggu mendapati puji-pujian dalam kitab Kidung Agung – termasuk dalam perikop Kid. 4:1-7 – hanya terfokus pada fisik sang kekasih saja, baik pria maupun wanita. Ada kesan seolah-olah orang mencintai kekasihnya semata-mata karena yang bersangkutan memiliki mata yang indah, rambut yang hitam, gigi yang putih, atau wajah yang tampan/cantik rupawan. Kidung Agung memang mengekspresikan segalanya di tataran fisik, sebagai sesuatu yang konkret, yang bisa dilihat dan diraba. Untuk menyeimbangkan hal itu, baiklah Ams. 31:10-31 dijadikan bacaan pendamping. Sementara Kid. 4:1-7 menampilkan istri yang cantik mempesona, Ams. 31:10-31 berbicara tentang istri yang cakap dan bijaksana.***

 

Daftar Pustaka

Exum, Cheryl. Song of Songs. The Old Testament Library. Louisville: Westminster John Knox Press, 2005.

Fischer, James A. “Kidung Agung.” Dalam Tafsir Alkitab Perjanjian Lama, editor Dianne Bergant dan Robert J. Karris, 502-508. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Groenen, C. Pengantar ke Dalam Perjanjian Lama. Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Kingsmill, Edmée. The Song of Songs and the Eros of God: A Study in Biblical Intertextuality. Oxford: Oxford University Press, 2009.

Knight, George A.F., dan Friedemann W. Golka. Revelation of God: The Song of Songs & Jonah. International Theological Commentary. Grand Rapids: Wm.B. Eerdmans, 1988.

Pope, Marvin H. Song of Songs. The Anchor Bible. New York: Doubleday, 1977.

Ramadhani, Deshi. Sastra Hikmat: Diktat Kuliah KPKS St. Paulus Jakarta. Jakarta: 2010.

Santoso, Agus. Cinta Kuat Seperti Maut: Tafsir Kitab Kidung Agung. Cipanas: STT Cipanas Press, 2014.

Weiden, Wim van der. Seni Hidup: Sastra Kebijaksanaan Perjanjian Lama. Yogyakarta: Kanisius, 1995.