Memaknai Kedatangan Tuhan melalui Adoni-Bezek (1)

Hakim-hakim 1:1-8

225

Tulisan pendek ini mencoba melihat materi cerita dalam Hakim-Hakim 1:1-8 di mana Adoni-Bezek, seorang penguasa Kanaan, membuat pengakuan tentang keadilan Allah terhadap dirinya. Pertanyaan berikut menggelitik benak pembaca: apa tujuan penulis kitab Hakim-hakim memasukkan kata-kata Adoni-Bezek sebagai bahan narasinya?

Dengan menggumuli pertanyaan itu, kita akan sekaligus membahas apa peran pembuka kitab ini dalam terang keseluruhan isi kitab. Tidak mudah menemukan makna hanya dari detail kecil dan mengaitkannya dengan tema besar kitab Hakim-hakim. Dalam uraian di bawah ini akan disajikan beberapa pandangan terhadap narasi kecil Adoni-Bezek dengan memandangnya sebagai refleksi terhadap situasi bangsa Israel dan juga orang Kristen masa kini.

Persiapan tulisan ini berlatar belakang perenungan dalam Masa Adven. Jika ditilik sejarahnya pada abad pertengahan, Adven merupakan perayaan yang bertema seputar kematian dan penghakiman. Saya bermaksud juga menawarkan kitab Hakim-hakim sebagai bacaan untuk perayaan Adven. Seperti gagasan Flemming Rutledge[1] sebagaimana diulas oleh Zachary Guiliano, Adven benar-benar dimulai dalam kegelapan. Dalam masa agung ini, kita dibawa untuk melihat lebih dalam apa yang salah dengan dunia kita.[2] Mendasari apa yang ditawarkan dalam tulisan ini ialah pengamatan bahwa imaji kekerasan yang muncul dalam kitab Hakim-hakim sesungguhnya mencirikan pula dunia kita hingga saat ini. Lebih jauh lagi, umat Allah pun digambarkan terlibat dalam dunia yang kejam. Lebih dari sekadar imaji, kitab Hakim-hakim menyajikan ironi kekuasaan yang sudah ditampilkan dalam bagian pembuka. Mari kita telusuri hal itu bersama-sama.

(Bersambung)

[1] Karya terbaru dari Flemming Rutledge, Advent: The Once and Future Coming of Jesus Christ, yang terbit September lalu, merupakan kumpulan renungan Adven. Rutledge sendiri imam Episkopal yang dikenal di Amerika Utara dan Britania Raya sebagai pengkhotbah dan pengajar.

[2] Zachary Guiliano, “Advent Begins in the Dark,” The Living Church, 27 November 2018, https://livingchurch.org/2018/11/27/advent-begins-in-the-dark/.