WB No. 2 (2022)

193

ARTIKEL UTAMA: STATUS PANGGILAN KENABIAN AMOS (G. Tri Wardoyo CM)

Seperti nabi-nabi lain yang dipilih Tuhan untuk mengingatkan umat-Nya atas dosa dan kejahatan mereka, Nabi Amos juga menjadi suara hati nurani Israel yang bertugas untuk membawa kembali umat Isrel pada panggilan mereka sebagai umat pilihan-Nya dan mengingatkan mereka akibat-akibat yang akan ditanggung apabila mereka tidak bertobat.

ARTIKEL UTAMA: ALAM, TANGAN KANAN SANG PENCIPTA (Albertus Purnomo OFM)

Kitab Amos sesungguhnya menyimpan sebuah gagasan teologis yang luhur tentang relasi antara Yang Ilahi sebagai sang Pencipta dan alam ciptaan. Konsep YHWH sebagai Allah Pencipta sangat kuat dalam nubuat Nabi Amos. Sebagai sang Pencipta, YHWH juga mengatur dan mengontrol segala ciptaan-Nya, termasuk perisitwa negatif seperti bencana dan penyakit yang mematikan manusia.

ARTIKEL UTAMA: KRITIK AGAMA NABI AMOS (AM. 3 – 5) (Martin Harun OFM)

Amos mengutuki kelimpahan persembahan kalangan atas. Persembahan itu, juga hidup mereka yang mewah dan boros, berasal dari tindakan mereka memeras orang kecil, sehingga dipandang sebagai sesuatu yang jahat. Segala jenis kurban persembahan yang mereka bawa cuma untuk kesenangan mereka sendiri. Ibadat hasil pemerasan bukanlah hal yang disukai Tuhan!

KERASULAN KITAB SUCI: MERENUNGKAN NUBUAT AMOS (Y.M. Seto Marsunu)

Para nabi berbicara kepada orang atau kelompok orang tertentu yang tinggal di zaman dan tempat tertentu. Karena itu, untuk dapat memahami perkataan yang diucapkan oleh sang nabi dan tanggapan orang-orang yang mendengarkannya, kita perlu masuk ke dunia dan zaman nabi itu hidup.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: KISAH KEMATIAN MUSA 2 (Jarot Hadianto)

Kisah-kisah kisah di luar Alkitab seputar kematian Musa, termasuk yang berbicara tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum dan sesudahnya, ternyata cukup banyak dan beraneka ragam. Di satu sisi, hal itu menunjukkan minat yang begitu besar untuk mengetahui akhir kehidupan Musa, mengingat dirinya adalah tokoh yang sangat istimewa. Di sisi lain, penggambaran yang berbeda-beda memberi isyarat bahwa kematian Musa adalah peristiwa yang misterius, berbeda dengan kematian orang-orang lain pada umumnya.

APA KATA KITAB SUCI: KATA-KATA DAN PERBUATAN-PERBUATAN YESUS YANG PENUH KUASA ILAHI 2 (Alfons Jehadut)

Bagi Markus, Iblis mewakili kekuatan nyata yang bisa menyerang dan menaklukkan dunia manusia. Iblis berusaha untuk mengendalikan dan menaklukkan pikiran dan hati manusia, sehingga bisa ditawan dan dihancurkannya. Oleh karena itu, manusia membutuhkan kekuatan dan kuasa ilahi Yesus agar bisa bebas dari tawanan Iblis.