WB No. 2 (2023)

187

ARTIKEL UTAMA: HABAKUK BESERTA GAGASAN-GAGASAN TEOLOGISNYA (R.F. Bhanu Viktorahadi Pr)

Pesan penting yang dibawa Habakuk mewujud dalam disposisi iman yang diadopsinya. Disposisi iman itu menegaskan bahwa hanya berkat dialog dengan Allah, sejumlah besar pertanyaan, keberatan, sikap iman, dan keterbukaan terhadap semua ekspektasi dan harapan untuk dapat menafsirkan alur sejarah dan masalah akan didapatkan seseorang yang mengaku dirinya beriman.

ARTIKEL UTAMA: “HARI TUHAN” DAN “SORAK-SORAI” DALAM KITAB ZEFANYA (Nikolas Kristiyanto SJ)

Yang paling terkenal dari kitab Zefanya adalah konsep mengenai “hari Tuhan”. Hari Tuhan itu bukan pertama-tama berbicara mengenai “kekejaman Tuhan atas manusia”, melainkan menunjukkan “kejatuhan manusia” yang tidak setia pada Tuhan dan mengandalkan dirinya sendiri. Namun, hal ini pun bukanlah akhir dari segalanya. Dalam kitab Zefanya bab 3, kita daapt menemukan bahwa ternyata masih ada “harapan” di sana.

ARTIKEL UTAMA: NUBUAT MIKHA 7:6 DI MULUT YESUS (Mariana Berliana Ali)

Dalam Mikha 7:1-6, ratapan sang nabi disebabkan oleh kelangkaan orang benardi negerinya. Kata-kata Mikha 7:6 dipakai oleh Yesus di Mat. 10:35 dan Luk. 12:53 untuk menggambarkan dampak dari kedatangan-Nya. namun, baik Matius maupun Lukas tidak mengutip Mikha 7:6 secara tepat, tetapi mrnggunakannya sebagai kiasan.

KERASULAN KITAB SUCI: MENGAJAR NUBUAT HABAKUK (Y.M. Seto Marsunu)

Kitab Habakuk mengajak umat Israel untuk tetap percaya kepada Tuhan dalam penderitaan mereka. Kepercayaan kepada Tuhan inilah yang akan membawa kehidupan bagi mereka. Hal ini mengingatkan orang beriman untuk tetap setia kepada Allah, walaupun di tengah penderitaan dan ketidaktahuan.  

PERIKOP-PERIKOP SULIT: KEMARTIRAN TUJUH BERSAUDARA DAN IBU MEREKA 1 (Jarot Hadianto)

Kematian tragis delapan orang dalam satu keluarga ini berlatar belakang penganiayaan yang dialami orang Yahudi ketika dijajah oleh bangsa Siria yang menganut budaya Yunani. Pada waktu itu, raja Siria yang berkuasa adalah Antiokhus IV Epifanes yang terkenal begis, kejam dan suka bertindak sewenang-wenang.    

APA KATA KITAB SUCI: KATA-KATA DAN PERBUATAN-PERBUATAN YESUS 6 (Alfons Jehadut)

Bagian keenam ini masih meneruskan pembahasan tentang kuasa ilahi Yesus terhadap penyakit dan dosa dengan menampilkan kisah penyembuhan putri Yairus (Mrk. 5:21-24, 35-41), kisah penyembuhan seorang perempuan yang sakit pendarahan (Mrk. 5:25-34), serta penyembuhan seorang tuli dan gagap (Mrk. 7:31-37).