WB No. 4 (2017)

167

ARTIKEL UTAMA: BERKAT ORANG TUA KEPADA ANAK (Fransiskus Borgias M.)

Berkat bagi dan atas anak-anak membuat hidup anak-anak menjadi bermutu, bahagia, mengandung masa depan yang cerah. Berkat yang berasal dari Tuhan sendiri dan yang melalui orang tua diteruskan kepada anak-anak menjadi bekal bagi mereka untuk mengarungi hidup di masa depan.

ARTIKEL UTAMA: KUTUK DALAM KARYA KESELAMATAN ALLAH (F.X. Marmidi SCJ)

Kutuk berlawanan dengan berkat. Jika berkat adalah kata yang memuat pengharapan seseorang akan kebaikan dan kegembiraan, sebaliknya kutuk membawa celaka dan bahkan kematian bagi dia yang menerima kutukan. Kutukan yang Allah katakan secara langsung ataupun melalui para nabi dan hamba-Nya merupakan peringatan atas dosa yang dilakukan oleh manusia.

ARTIKEL UTAMA: TERPISAH DARI ALLAH (Iswadi Prayidno Pr)

Allah menghendaki berkat dan keselamatan bagi manusia dan umat pilihan-Nya. Berkat Allah memang melimpah. Akan tetapi, Allah mensyaratkan satu hal yang sederhana dari pihak manusia: tetap setia kepada-Nya. Tanda kesetiaan dinyatakan lewat aturan dan hukum. Untuk umat pilihan yang baru, tanda kesetiaan dinyatakan dengan cara melekat erat pada Yesus, sang Pokok Anggur yang benar.

KERASULAN KITAB SUCI: ALKITAB HANYA UNTUK ORANG TUA? (Y.M. Seto Marsunu)

Disadari atau tidak, kaum muda Katolik mendapatkan warisan yang negatif sifatnya dari orang tua mereka, yakni rasa takut membaca Alkitab. Sekalipun Konsili Vatikan sudah membuka jalan agar umat dapat membaca Alkitab dan menganjurkan agar umat sering membacanya, Alkitab masih asing bagi kehidupan umat.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: MENIPU ALLAH DENGAN TIDAK MEMBAYAR PERSEPULUHAN 1 (Jarot Hadianto)

Sejumlah pihak menegaskan bahwa sumbangan kita kepada Gereja harus dihitung. Jumlahnya harus pas sepersepuluh dari penghasilan kita. Mengapa harus begitu? “Sebab demikianlah firman Tuhan,” jawab mereka. Siapa saja yang sampai hati tidak membayar persepuluhan harus membaca Mal. 3:6-12 yang berkisah tentang kemarahan Tuhan karena merasa ditipu dan dirampok oleh orang Israel.

APA KATA KITAB SUCI TENTANG … HARTA MILIK 1 (Alfons Jehadut)

Sikap terhadap uang dan harta milik lainnya dibicarakan dalam Kitab Suci. Cara pemakaian uang dan harta benda dianggap penting karena terkait dengan persoalan etis dan religius. Tentang hal ini, Kitab Suci menawarkan banyak petunjuk penting yang dapat dijadikan norma dalam bersikap dan bertingkah laku oleh kaum beriman.

TERJEMAHAN KITAB SUCI: MENERJEMAHKAN KATA YANG TIDAK ADA DALAM BAHASAKU? (Hortensius F. Mandaru)

Tidak semua kata/ungkapan dalam Kitab Suci ada padanannya. Sering kali penerjemah lokal bingung menghadapi kata/ungkapan seperti malaikat, membaptis, bangsa, panggilan, dan sebagainya. Bagaimana menerjemahkan kata/ungkapan Alkitab yang tidak ditemukan dalam bahasa daerah?

SOURCEWacana Biblika
SHARE