WB No. 3 (2021)

21

ARTIKEL UTAMA: KADESH-BARNEA, OASIS PEMURNIAN SEBUAH BANGSA (Albertus Purnomo OFM)

Nilai penting Kadesh-Barnea dapat disejajarkan dengan Gunung Sinai. Kadesh-Barnea dapat dijuluki sebagai tempat pemurnian, sebab di tempat ini, Tuhan menyiapkan generasi baru Israel. Mereka dibersihkan dan dimurnikan dari dosa dan kesalahan generasi sebelumnya.

ARTIKEL UTAMA: PERJALANAN MEMBENTUK IDENTITAS BANGSA (Fransiskus Borgias)

Masa perjalanan yang menghabiskan kurun waktu empat puluh tahun dimaksudkan untuk membentuk sebuah bangsa. Memang kitab Bilangan mempunyai fokus tertentu, yaitu menggali pelbagai masalah dan kemungkinan dalam proses pembentukan identitas sebuah komunitas.

ARTIKEL UTAMA: MUSA MENINGGIKAN ULAR TEMBAGA DI PADANG GURUN (Valens Agino CMF)

Kisah Musa meninggikan ular tembaga di padang gurun sangat menarik untuk dikaji secara mendalam mengingat keyakinan bangsa Israel yang hanya menyembah satu Allah dan tidak mengindahkan semua idolatria, penyembahan terhadap barang atau binatang, yang tidak memiliki kekuatan untuk menghidupkan dan apalagi menyelamatkan.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: AKHIR KERAJAAN YEHUDA (Jarot Hadianto)

Dua kerajaan yang menaungi suku-suku keturunan Yakub mengalami akhir yang sama. Didahului oleh kerajaan Israel yang eksistensinya tamat di tangan kerajaan Asyur tahun 721 SM, saudara mereka kerajaan Yehuda juga demikian, dihancurkan oleh kerajaan Babel tahun 587 SM. Bagaimana mungkin ini bisa terjadi, mengingat mereka adalah umat Allah?

APA KATA KITAB SUCI: PANGGILAN MENJADI MURID DAN RASUL YESUS DALAM NARASI MARKUS 3 (Alfons Jehadut)

Memperoleh hidup kekal membutuhkan lebih dari sekadar kepatuhan pada sepuluh perintah Allah. Hidup kekal diperoleh dengan mengikuti dan menaati apa yang diajarkan Yesus.   

TERJEMAHAN KITAB SUCI: TERJEMAHAN-TERJEMAHAN PERDANA (Hortensius F. Mandaru)

Alkitab dengan cepat diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain. Sejak awal, jemaat Yahudi dan Kristen tampaknya tidak pernah menyakralkan bahasa-bahasa “asli” Alkitab.