Membaca Tanda-Tanda Zaman

Jumat, 26 November 2021 – Hari Biasa Minggu XXXIV

65

Lukas 21:29-33

Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: “Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

***

Sewaktu di seminari menengah, saya suka membaca majalah Rohani. Rubrik favorit saya adalah Tanda-Tanda Zaman. Rubrik ini berisi refleksi atas kejadian-kejadian aktual. Penulis menganalisis suatu peristiwa terkini secara mendalam dan memberikan cakrawala pandang baru, sehingga pikiran pembaca dicerahkan. Secara pribadi, rubrik ini membantu saya agar lebih peka dan kritis terhadap situasi di sekitar saya.

Yesus mengajak para murid-Nya untuk memperhatikan keadaan di sekitar mereka. Ia meminta mereka untuk merenungkan tanda-tanda kehadiran Kerajaan Allah. Layaknya pohon-pohon yang bertunas menandakan musim panas yang sudah mendekat, kehadiran Kerajaan Allah pun akan diawali oleh tanda-tanda tertentu. Yesus menghendaki agar para murid peka dan sadar akan karya ilahi. Mereka harus wawas diri dan selalu bersiap untuk menyambut kedatangan-Nya.

Kita perlu peka terhadap segala sesuatu, baik itu menyangkut peristiwa dan situasi, maupun menyangkut orang dan masyarakat di sekitar kita. Kepekaan membuat kita mudah memahami dunia sekitar. Dengan itu, kita pun bisa bersikap dengan tepat dan mampu menemukan karya ilahi. Seorang dosen pernah berpesan kepada kami, “Zaman ada untuk kita hidup, bukan kita hidup untuk zaman.” Kalau kita abai, kita akan ditinggalkan dan dilupakan. Karena itu, marilah kita peka dalam membaca tanda-tanda zaman, agar hidup kita semakin berkualitas dan iman kita semakin mendalam.