Roh Kudus Menuntun Kita pada Kebenaran

Rabu, 25 Mei 2022 – Hari Biasa Pekan VI Paskah

204

Yohanes 16:12-15

“Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari-Ku.”

***

Dalam bacaan Injil kemarin, kita diberi tahu tentang apa yang akan dilakukan Roh Kudus ketika datang kepada murid-murid Yesus. Kita diberi tahu bahwa Roh Kudus akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman, agar dunia bertobat dan diselamatkan. Dari kata-kata ini, kita belajar bahwa misi pengutusan Roh Kudus ke dunia adalah untuk membimbing kita ke dalam seluruh kebenaran hidup.

Hari ini Yesus memberi tahu para murid bahwa sebenarnya masih ada banyak hal yang harus dikatakan-Nya kepada mereka. Namun, Ia menyadari bahwa mereka belum memiliki kapasitas untuk menanggungnya. Dalam situasi inilah Yesus memberi jaminan bahwa kedatangan Roh Kudus akan membimbing mereka kepada seluruh kebenaran. Roh Kudus, yakni Roh Kebenaran, tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya, itulah yang akan dikatakan-Nya. Roh Kudus akan memberitakan kepada mereka hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Yesus, sebab akan memberitakan kepada mereka apa yang diterima dari-Nya.

Sama seperti Yesus meyakinkan murid-murid-Nya tentang kedatangan Roh Kudus yang akan membimbing mereka kepada seluruh kebenaran, demikian pula Ia hendak meyakinkan kita. Hari ini Yesus memberi tahu kita bahwa Ia tidak hanya akan datang kepada kita, tetapi juga sudah ada di antara kita. Ketika kita berkumpul dalam nama-Nya, Yesus ada bersama kita dan ada di antara kita. Apakah kita mengenali Yesus yang datang dan hadir bersama kita dalam perayaan Ekaristi, dalam pembacaan sabda Tuhan, dalam doa-doa kita, termasuk doa Rosario selama bulan Mei ini? Semoga kita mengenali kehadiran-Nya dalam seluruh aktivitas hidup kita!