Janji dan Jaminan Terkabulnya Doa

Sabtu, 28 Mei 2022 – Hari Biasa Pekan VI Paskah

105

Yohanes 16:23b-28

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

***

Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus mengundang kita untuk meminta kepada Bapa di surga apa pun yang kita inginkan dalam nama-Nya. “Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.” Undangan ini sering kali dipahami secara salah seolah-olah Yesus memberikan janji dan jaminan tanpa syarat bahwa apa pun yang kita inginkan pasti akan diberikan oleh Bapa di surga ketika kita memintanya dalam doa.

Janji dan jaminan terkabulnya doa ada syaratnya. Syaratnya adalah: Kita harus memintanya dalam nama Yesus dan menyelaraskan apa yang kita minta dengan kehendak-Nya. Kita juga harus menyesuaikan diri dengan sikap hidup Yesus yang dengan rendah hati menerima apa pun yang diberikan Bapa-Nya. Kerendahan hati Yesus itu terungkap dalam doa permohonan-Nya di Taman Getsemani, “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki” (Mat. 26:39).

Karena itu, marilah kita berdoa agar kita diberi hati yang terbuka dan kesediaan untuk menerima hal-hal yang Bapa tahu akan membawa sukacita dan kebahagiaan bagi kita. Ketika kita menyesuaikan permohonan kita dengan permohonan Yesus sendiri, kita akan menerima berkat dari Bapa walaupun mungkin tidak persis seperti yang kita inginkan. Jika kita mencari dan meminta sesuatu sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya, alih-alih yang kita kehendaki, Yesus berjanji dan menjamin bahwa doa-doa kita akan dikabulkan oleh Bapa-Nya di surga.