Awalilah dengan Doa

Selasa, 6 September 2022 – Hari Biasa Pekan XXIII

124

Lukas 6:12-19

Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.

***

Saat ini, kita bisa mengenal Yesus dan tahu peristiwa-peristiwa dalam hidup-Nya dari berbagai sumber, antara lain Kitab Suci, buku-buku rohani, media sosial, pengajaran dari berbagai pihak, dan sebagainya. Semuanya itu bermuara pada kesaksian para murid Yesus yang pernah hidup bersama-Nya dahulu kala.

Bisa kita bayangkan, seandainya para murid tidak mau bersaksi dan enggan membagikan pengalaman mereka bersama sang Guru, kisah tentang Yesus tentunya berhenti pada mereka saja, tidak akan dikenal oleh generasi-generasi selanjutnya. Syukurlah hal itu tidak terjadi. Dengan penuh semangat, para rasul yang dipilih Yesus berkeliling ke berbagai tempat untuk mewartakan Injil. Mereka sungguh berperan penting dalam mewartakan dan meneruskan karya keselamatan yang dikerjakan Allah.

Bacaan Injil hari ini berkisah tentang panggilan kedua belas rasul. Sebelum menetapkan kedua belas rasul tersebut, Yesus berdoa semalam-malaman di atas bukit. Keesokan harinya, Yesus memanggil murid-murid-Nya, dan memilih dari antara mereka dua belas orang yang disebut-Nya rasul. Diterjemahkan dari bahasa Yunani apostolos, “rasul” artinya utusan. Para rasul dipilih oleh Yesus dan diutus untuk meneruskan karya-karya-Nya. Tentu hal ini sangat penting dan mendasar, sehingga tidak mengherankan kalau sebelumnya, Yesus berdoa terlebih dahulu kepada Bapa.

Ada banyak momen dan peristiwa penting dalam hidup kita. Semoga kita pun selalu mengawali setiap aktivitas kita dengan doa, supaya karya dan berkat Allah senantiasa menyertai dan membimbing segala sesuatu yang kita lakukan.