WB No. 4 (2019)

64

ARTIKEL UTAMA: MISI DAN PEWARTAAN PARA NABI (R.F. Bhanu Viktorahadi Pr)

Kenabian termasuk fenomena religius yang paling menggetarkan dan memesona sepanjang sejarah bangsa Israel. Berabad-abad lamanya para nabi telah menjadi hati nurani bangsa Israel dalam pergolakan sejarahnya.

ARTIKEL UTAMA: MISI DAN PEWARTAAN YESUS  (Valens Agino CMF)

Membawa kabar baik kepada semua orang sudah diyakini secara umum oleh para pengikut Kristus sebagai tugas yang harus dijalankan. Inilah misi kita, yakni meneruskan pewartaan yang telah diprakarsai oleh Yesus Kristus sendiri pada masa Ia masih hidup di dunia.

KERASULAN KITAB SUCI: PEMBANTU SETAN DAN PEREMPUAN YANG CAKAP (Fransiskus Borgias M.)

Dalam sebuah buku tafsir untuk kitab Ayub ditemukan dua istilah yang sangat menarik, tetapi mungkin juga bisa sangat mengganggu, yaitu diaboli adjutrix dan organum satanae. Apa maksud kedua ungkapan Latin itu? Apa atau siapa yang diacu oleh keduanya?

PERIKOP-PERIKOP SULIT: ANAK ALLAH, ANAK ABRAHAM, ATAU ANAK IBLIS (YOH. 8:37-47)? (Y.M. Seto Marsunu)

Apa maksud dari ketiga sebutan itu? Mengapa Yesus menolak anggapan orang Yahudi bahwa mereka adalah anak Abraham dan anak Allah? Mengapa Yesus justru menyebut mereka anak Iblis?  

TERJEMAHAN KITAB SUCI: MENERJEMAHKAN PUISI IBRANI (Hortensius F. Mandaru)

Sering kali pola-pola kesejajaran puisi Ibrani sangat rumit, sehingga penyesuaian bentuk ke dalam bahasa sasaran semakin dibutuhkan. Namun, ada juga sejumlah unsur dalam puisi Ibrani yang sama sekali tidak mungkin dihadirkan, sehingga menjadi unsur yang “hilang” dalam terjemahan.  

APA KATA KITAB SUCI TENTANG: MEMBACA INJIL DALAM KONTEKS – BAGIAN 2 (Alfons Jehadut)

Yosefus Flavius, sejarawan Yahudi abad pertama, mengidentifikasi empat kelompok atau gerakan sosial yang berbeda dalam agama Yahudi pada zaman Yesus, yakni Saduki, Farisi, Zelot, dan Eseni. Seperti apakah kelompok-kelompok itu? Bagaimana relasi Yesus dengan mereka?