Tanah Mengeluarkan Makhluk Hidup

Eco Lectio Divina 007

20

Berfirmanlah Allah, “Hendaklah tanah mengeluarkan berbagai jenis makhluk hidup, ternak, binatang melata, dan berbagai jenis binatang liar.” Maka jadilah demikian. Allah menjadikan berbagai jenis binatang liar, berbagai jenis ternak, dan berbagai jenis binatang melata di tanah. Allah melihat bahwa semuanya itu baik (Kej. 1:24-25).

***

Tanah yang ditutupi vegetasi diajak dan dilibatkan oleh firman Allah dalam penciptaan pelbagai jenis makhluk hidup, margasatwa yang berevolusi dalam jutaan rupa, yang berkaki dan yang melata, yang liar dan yang bisa dijinakkan.

Gerak langkah satwa liar kini sudah sangat dibatasi oleh selera manusia; diimpit oleh pertanian monokultur, peternakan massal, pertambangan mineral, industri yang seragam, demi kelimpahan sejumlah barang dan jenis makanan favorit yang membanjiri pasar dan menambah aset segelintir produsen yang berkuasa.

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhan, atas keanekaragaman margasatwa yang telah Kausebarkan ke atas seluruh bumi. Penuhilah kami dengan kekaguman akan keelokan semua makhluk-Mu dan berilah kami kearifan untuk melestarikan semua jenisnya, sadar bahwa mereka semua saling berkaitan dan bergantung, dan semuanya Kaucintai. Amin.