WB No. 2 (2020)

24

ARTIKEL UTAMA: KEBENARAN DALAM KHOTBAH DI BUKIT (Petrus Cristologus Dhogo SVD)

Alur dikaiosune dalam khotbah di bukit disusun secara rapi, dimulai dengan ajakan untuk mencari dan setia pada kebenaran. Janji terhadap upaya ini adalah kebahagiaan dan Kerajaan Surga.

ARTIKEL UTAMA: PANDANGAN MATIUS TENTANG GEREJA DAN HIDUP MENGGEREJA (Madalena Marseli)

Yesus sebagai pendiri Gereja menjadi cahaya dalam menghayati ajaran iman yang diteruskan oleh para rasul untuk mewujudkan relasi yang benar dalam hidup berkomunitas. Disiplin dan tata tertib berguna di dalam kehidupan menggereja pada masa Injil ditulis dan dibutuhkan pada masa kini.    

ARTIKEL UTAMA: SILSILAH YESUS DALAM INJIL MATIUS  (Petrus Lakonawa)

Litani nama-nama leluhur Yesus dalam silsilah-Nya sangat inklusif dan menohok. Ia mengangkat ke tempat yang tinggi orang-orang yang umumnya direndahkan di masyarakat.

KERASULAN KITAB SUCI: PENYUSUNAN MATERI BULAN KITAB SUCI NASIONAL (Y.M. Seto Marsunu)

Satu langkah penting dalam karya kerasulan Kitab Suci yang sudah lama dilakukan di Gereja Katolik di Indonesia adalah penyelenggaraan Bulan Kitab Suci Nasional. Seluruh umat diajak untuk membaca Kitab Suci menurut kitab atau tema yang ditentukan oleh Lembaga Biblika Indonesia.

PERIKOP-PERIKOP SULIT: RAHASIA KERAJAAN ALLAH 1 (Jarot Hadianto)

Nebukadnezar, raja agung Babel, mendapatkan mimpi yang membingungkan dan bersumpah akan melenyapkan orang-orang bijaksana di Babel kalau mereka gagal menjelaskan maksud mimpinya itu.     

APA KATA KITAB SUCI TENTANG: MEMBACA INJIL DALAM KONTEKS 3 (Alfons Jehadut)

Dalam bagian ketiga ini, kita akan berbicara tentang status orang Samaria yang bersifat ambigu dam konteks kekaisaran Romawi. Pembahasan ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran umum tentang Yesus dan keempat Injil dalam konteks Yahudi-Romawi abad pertama.