Tanah Menumbuhkan Tunas-Tunas

Eco Lectio Divina 005

30

Berfirmanlah Allah, “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas- tunas muda: tumbuhan yang menghasilkan biji, dan berbagai jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah berbiji di bumi.” Maka jadilah demikian. Tanah pun mengeluarkan tunas-tunas muda: berbagai jenis tumbuhan yang menghasilkan biji dan berbagai jenis pohon yang menghasilkan buah berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik (Kej. 1:11-12).

***

Tanah, anugerah yang amat subur dan berdaya, dilibatkan Allah dalam karya penciptaan-Nya. Tanah diajak mengeluarkan vegetasi yang tak terhitung ragamnya.

Saat ini, keragaman itu sangat berkurang. Yang menjadi sebabnya bukanlah tanah, melainkan manusia yang kurang “memahami keanekaragaman makhluk dalam banyaknya hubungan mereka” (LS 86), kurang memahami bahwa peracunan tanah dan punahnya setiap spesies membahayakan semua spesies lain, termasuk manusia sendiri.

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhan, karena saudari kami Ibu Bumi, yang menumbuhkan aneka ragam buah-buahan, beserta bunga warna-warni dan rumput-rumputan. Melalui tumbuh-tumbuhan yang indah dan menawan, Engkau mengundang kami untuk merawat semaraknya dengan menjaga juga lahannya, yakni tanah. Amin.