Tumbuhan Menjadi Makananmu

Eco Lectio Divina 010

26

Berfirmanlah Allah, “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuhan yang menghasilkan biji di seluruh muka bumi dan segala pohon yang buahnya berbiji. Semua itu menjadi makananmu.  Namun, kepada segala binatang liar, segala burung di udara dan segala binatang melata di bumi, segala binatang yang  bernyawa itu, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Maka jadilah demikian. Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh sangat baik (Kej. 1:29-31).

***

Dalam kisah purba ini, manusia dan makhluk hidup lainnya diberi makanan yang sepenuhnya vegan: Biji-bijian dan buah-buahan bagi manusia, dan tumbuhan hijau bagi semua binatang.

Makan tanpa daging di mata Allah Pencipta sangat baik bagi kita, manusia dan semua makhluk hidup di bumi. Bagaimana di mata kita, dengan mengingat juga sebab-sebab krisis bumi saat ini?

***

Marilah berdoa:

Terpujilah Engkau, Tuhan, karena melalui Ibu Bumi, Engkau memberi kami sayuran, bebijian, serta buah-buahan melimpah, dan tumbuhan hijau untuk semua binatang. Makanan vegan ini di mata-Mu yang terbaik bagi semua. Tolonglah kami untuk menjauhi kekerasan dan penumpahan darah terhadap segala makhluk hidup. Amin.