Beritakanlah Injil kepada Segala Makhluk!

Sabtu, 6 April 2024 – Hari Sabtu dalam Oktaf Paskah

46

Markus 16:9-15

Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Darinya Yesus pernah mengusir tujuh setan. Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis. Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.

Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota. Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada mereka pun teman-teman itu tidak percaya.

Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.”

***

Bacaan Injil hari ini berkisah tentang Maria Magdalena yang menjadi saksi pertama kebangkitan Tuhan dari kematian. Pengalaman hidupnya ini memberikan pelajaran berharga bagi kita tentang bagaimana iman dan kasih setia dapat mengubah hidup seseorang.

Maria Magdalena, yang sebelumnya menderita karena gangguan setan dalam hidupnya, kini mengalami pemulihan total melalui kehadiran Kristus yang bangkit. Pengalaman ini menggambarkan kekuatan penyelamatan dari kebangkitan Kristus, yang membawa pembebasan bagi mereka yang percaya kepada-Nya. Bagi kita, ini adalah panggilan untuk percaya bahwa Kristus memiliki kuasa untuk menyembuhkan dan memulihkan hidup kita.

Ketika Maria Magdalena memberitakan kabar baik ini kepada murid-murid, mereka awalnya tidak percaya. Ini mencerminkan bagaimana kita, disebabkan oleh keraguan dan kebingungan, sering kali sulit menerima realitas keajaiban dan kuasa kebangkitan. Namun, Yesus tidak hanya muncul kepada Maria Magdalena, tetapi juga kepada para murid-Nya, untuk menguatkan iman mereka dan memberikan tugas yang besar.

Perintah Yesus agar para murid pergi dan memberitakan Injil kepada seluruh dunia adalah panggilan bagi umat kristiani untuk menjalankan misi universal. Kita dipanggil untuk berbagi kasih dan kebenaran Injil kepada semua orang, menjadi saksi kasih Kristus di tengah-tengah dunia yang membutuhkan cahaya dan harapan. Ini adalah panggilan misi yang mengingatkan kita bahwa hidup kristiani bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan juga untuk keselamatan semua orang.

Dengan merenungkan kebangkitan Kristus, kita dipanggil untuk hidup dalam kepercayaan dan pengharapan yang kuat, membagikan kabar baik itu dengan sukacita, dan menjalankan misi besar yang diberikan oleh Yesus kepada para murid-Nya. Semoga kita, seperti Maria Magdalena, dapat merasakan kehadiran-Nya yang hidup dalam kehidupan kita, dan dengan penuh semangat, menjalankan misi-Nya di dunia ini.